Kita sekarang memasuki bagian ke 4,  mari kita simak bersama…..

33. Mengganti Smart Screen Background
Untuk mengganti latar belakang Smart Screen anda tinggal pencel aja tombol Win + I, dan pilih ‘Change PC settings‘, lalu pilih yang personalize.

34. Scheduled Maintenance (pemeliharaan terjadwal)
Windows 8 dapat menjalankan tugas-tugas pemeliharaan secara umum seperti pembaruan perangkat lunak, keamanan pemindaian dan diagnosa sistem.
Untuk mengubah ini, buka Control Panel, klik System and Security> Action Centre > maintenance.  Sekarang Anda dapat mengklik ‘Start meintenance‘ untuk memulai setiap tugas yang beredar sekarang, saat memilih ‘Change maintenance settings‘ memungkinkan Anda untuk memilih waktu yang lebih nyaman, dan secara opsional menonaktifkan kemampuan fitur untuk memperbaik komputer Anda jika itu tidak diperlukan.

35. Mem-password sebuah gambar
Windows 8 memungkinkan Anda untuk membuat password pada gambar, caranya tekan Win + I > More PC Settings > Users > Create a Picture Password to give this a try.

36. Hibernate atau Sleep
Di windows 8 tidak ada pilihan hibernate saat shutdown, tetapi jika anda mau menampilkan maka Anda dapat mengaktifkannya.
Buka Control Panel > Power Options (powercfg.cpl) dan klik ‘Choose what the power buttons do‘ di panel kiri.
Klik pilihan’Change settings that are currently unavailable‘, dan jika Windows 8 mendeteksi bahwa PC Anda mendukung Sleep dan Hibernate, maka windows 8 akan menampilkannya di sini. Centang kotak di samping apa pun yang Anda ingin gunakan, klik Simpan Perubahan, dan pilihan baru sekarang akan muncul dalam dialog shutdown Anda.

37. Menyederhanakan Pencarian
Secara default, Windows 8 memasukkan setiap aplikasi dibundel dalam hasil Pencarian nya. Jika Anda ingin menyederhanakan pencarian tekan Win + I> Change PC Setting >> Search, memilih aplikasi yang  tidak ingin dimasukkan, dan daftar pencarian Anda akan menjadi lebih mudah dikelola.

38. Sentuhan keyboard
Untuk meng-customize keyboard tekan Win + I > Change PC Settings > General and customise the keyboard to suit your needs.

39. Sinkronisasi dan privasi
Satu yang sangat berguna di Windows 8 adalah kemampuannya untuk sinkronisasi PC Anda dan perangkat lainnya. Untuk mengaksesnya Anda tinggal menekan tombol Windows dan tekan I, kemudian klik Change PC Settings > Sync Your Settings and disable anything you’d rather not share.

40. Quick Access toolbar
Windows Explorer di Windows 8 mempunyai fitur toolbar Quick Access tepat di atas menu, menyediakan akses mudah ke pilihan seperti ‘New folder’, ‘Minimize’, ‘Undo’ dan banyak lagi. Ini dapat disesuaikan juga dengan meng-klik tanda panah di sebelah kanan tombol standar, di bar caption jendela Explorer, dan memilih apa pun pilihan yang Anda butuhkan. Dan Anda dapat mencakup menambahkan pilihan lain pada Quick Access Toolbar dengan mengklik kanan dan memilih Tambahkan ke Quick Access Toolbar.

41. Advanced menu options

Jika Anda perlu untuk menjalankan command prompt sebagai Administrator maka reaksi spontan Anda mungkin akan meng-klik menu Start.
Microsoft telah memberikan alternatif sederhana, yaitu – klik menu File di Explorer dan klik perintah command prompt> buka prompt sebagai administrator.
Dan sementara Anda berada di sana, membuat catatan tentang pilihan lain  pada menu. Anda dapat membuka jendela baru dalam proses baru, buka Explorer, dan bahkan menghapus Places terbaru Anda dan sejarah Address Bar dengan sekali klik.
42. Menampilkan semua folder
Default-nya Windows Explorer 8  tidak menunjukkan semua drive dan folder yang biasa kita kenal di windows 7 ataupun windows XP seperti Control Panel, Recycle Bin, dan sebagainya – di panel navigasi kiri. Ini tentu membuat tampilan lebih sederhana, dan jika Anda ingin melihat semua drive Anda maka Anda bisa klik Komputer, tetapi jika Anda memilih untuk melihat segala sesuatu di muka maka hanya membutuhkan waktu beberapa saat. Klik View> Options, centang ‘Show all folder’ dan klik OK.

43. Melihat file ISO di Windows 8
Perlu melihat lebih detail pada file ISO? Klik kanan di Explorer, klik Mount dan Anda bisa melihatnya sebagai sebuah virtual drive, membuka isi file, atau menambahkan lebih banyak jika Anda suka.

44. Membuka jenis file baru

Jika Anda menemukan jenis file yang tidak bisa anda buka dengan aplikasi yang terinstal, klik kanan pada file di Windows Explorer dan pilih Open With. Anda akan melihat pilihan ‘Look for an app in the Store’ , yang memungkinkan Windows 8 untuk menggunakan alat pencarian otomatis untuk menemukan dan sorot sebuah aplikasi untuk Anda.
Anda juga dapat mengklik ‘More Options’ untuk melihat program yang terinstal dan aplikasi yang mungkin dapat membuka file tersebut.

45. Merestart Explorer
Jika Explorer terkunci karena alasan tertentu, maka untuk mengaktifkannya sekarang sangat mudah. Tidak perlu untuk menutup proses lagi: cukup tekan Ctrl + Alt + Esc, pilih Explorer dalam daftar, klik Restart dan Windows 8 akan menangani sisanya.

Kembali ke Bagian 3                                                                                                                               Lanjut ke Bagian 5

*)sumber: sharing.info