Bingung, setelah kita install OS pada PC atau Laptop, ternyata CD driver komputer hilang entah kemana, atau CD driver yang kita beli tidak kompatibel dengan hardware pada komputer? Saat itu biasanya kita menggunakan alternatif menganalisa nama driver pada PC/Laptop kemudian mendownloadnya.

Hanya saja cara ini membutuhkan waktu yang lama, karena kita harus memeriksa nama dan jenis driver yang terpasang, seperti nama chipset, VGA, LAN card, sound card, printer, dan perangkat lainnya, kemudian kita mengunjungi situs resmi yang menyediakan driver hardware tersebut (ex: Nvdia, Ecs, Gigabyte, HP, dll), lalu mendownloadnya. Namun untuk hardware komputer yang sudah lama, situs resmi tersebut biasanya sudah tidak menyediakan link untuk mendownloadnya.

Alternatif lain untuk semua masalah tersebut yaitu dengan melakukan analisa driver apa yang tidak ada pada komputer kita, kemudian mendownloadnya. Dalam menganalisa driver pada komputer atau laptop, ada  dua cara. Pertama dengan menggunakan software dan yang kedua dengan menggunakan alamat situs penyedia driver. Mari kita bahas dua cara tersebut.

Berikut langkah-langkahnya:

1. http://devid.info/

Situs ini menyediakan berbagai macam jenis driver, di sini kita tidak perlu melakukan analisa driver terlebih dahulu, anda tinggal memasukkan detail dari driver kita, Klik kanan My Computer – Manage – Device Manager – Klik kanan driver yang warna kuning – Properties – Details, kemudian pada Device Instance Id kita Copy text dibawahnya (Ctrl + C), dan Paste di http://devid.info/ pada kolom search, kemudian pilih Search.

Setelah ketemu, kita download dan coba anda install pada komputer kita.

2. http://www.driveridentifier.com/

Situs ini menyediakan berbagai macam driver hardware, hanya saja kita perlu mendownload dan menginstall programnya terlebih dahulu, untuk menganalisa driver apa saja yang dibutuhkan oleh komputer atau leptop kita. Setelah analisa selesai, kita akan diarahkan ke situs http://www.driveridentifier.com/ dan di sana kita bisa melihat semua driver yang dibutuhkan oleh komputer/laptop kita, kemudian tinggal mendownloadnya satu persatu. Program ini  juga dapat melakukan update driver pada komputer/laptop kita.

Download Driver Identifier

3. http://www.drivereasy.com

Situs ini menyediakan program untuk menganalisa driver yang dibutuhkan oleh komputer kita, sama seperti cara kedua, hanya saja program ini yang menampilkan list driver yang dibutuhkan, dan program ini juga menampilkan besarnya driver yang kita download, jadi kita bisa tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh koneksi internet kita untuk mendownload driver tersebut. Program ini juga dapat melakukan update driver pada komputer kita.

Download Driver Easy

Selamat mencoba dan semoga berhasil… Amiin…

*)dari berbagai sumber

Iklan