Laju kencang pertumbuhan Facebook semakin tidak tertahan. socialbakers.com merilis data terbaru bahwa situs social media tersebut sudah menembus angka 700 juta orang pengguna. Sebuah angka yang tidak dimiliki oleh situs lain di dunia ini.

Tampaknya semakin banyak pengguna internet yang terlibat dalam kegiatan ber-Facebook-an. Bahkan disinyalir ada anak-anak yang semestinya belum diperbolehkan menggunakan Facebook telah terdaftar di situs tersebut, baik dengan membuat sendiri akun mereka maupun melalui pertolongan teman atau orang tua.

Tidak disangsikan lagi, kini sebagian besar waktu pengguna internet tersita karena mengunjungi situs Facebook. Tentunya selalu ada dampak positif dan negatif dari kegiatan tersebut. Baru-baru ini sebuah info grafis menunjukkan beberapa akibat negatif dan positif dari kegiatan ber-Facebook-an. Coba kita lihat apa saja isi info grafis tersebut yang merupakan kumpulan dari berbagai penelitian yang dilakukan terhadap Facebook.

Facebook, Kesehatan, dan  Kepribadian

Facebook dapat meningkatkan kepercayaan diri.  Kepercayaan diri tergantung seberapa besar jumlah teman yang anda miliki dalam jalur pertemanan anda. Jika teman anda sedikit, rasa percaya diri anda mungkin tidak sebesar mereka yang memiliki teman yang sangat banyak, namun teman yang sedikit tersebut membuat interaksi anda lebih akrab. Teman yang sedikit membuat hubungan anda dengan teman lebih intim dibandingkan dengan mereka yang memiliki teman yang banyak.

Jika teman anda banyak, kepercayaan diri anda akan semakin meningkat karena adanya dukungan sosial yang sangat banyak di belakang anda, misalnya jika anda tengah merasa sedih, bingung dan sebagainya dan anda update di Facebook Anda akan banyak sekali dukungan, rasa simpati yang diberikan oleh teman anda sehingga anda cepat-cepat bangkit. Namun teman yang sangat banyak ini membuat hubungan pertemanan anda menjadi dangkal karena tidak mungkin semua teman anda bisa anda layani dengan intim.

Dampak Facebook terhadap kesehatan tentu saja bergantung seberapa sering anda berada di sana atau melakukan kegiatan di sana. Makin sering, kemungkinan dampak negatifnya  kesehatan anda semakin besar. Dampak negatif bagi anda karena terlalu sering ber-Facebook-an adalah sebagai berikut.

1. Stress karena takut kehilangan update terbaru atau informasi terbaru dari teman-teman anda.

2. Stress karena takut menghapus seseorang teman yang berada di jalur pertemanan anda.

3. Adanya tekanan untuk menjadi seorang yang humoris dan menarik.

4. Stress yang diperoleh dari komentar terhadap status yang dilakukan.

5. Khawatir terhadap kemungkinan untuk terkoneksi kembali dengan orang yang ingin anda hindari.

6. Stress terhadap tindakan teman yang agresif.

7. Stress terhadap pencapaian yang diraih oleh teman anda, misalnya karier, kunjungan ke luar negeri, gelar yang diperoleh, serta kehidupan yang kaya dan mewah yang dipampang di Facebook anda.

Facebook, Hubungan, dan Kecemburuan

Kegiatan ber-Facebook-an juga bisa berdampak kepada hubungan bahkan bisa menimbulkan kecemburuan.

1. Menghabiskan waktu terlalu banyak di Facebook bisa membuat hubungan anda dengan pasangan anda berada dalam tahap mengkhawatirkan. Apalagi bila anda sering membuat komentar atau status yang berbau-bau cinta atau mesra. Hal ini akan membuat pasangan anda aware dengan hal ini dan bisa saja membuat hubungan anda kandas. Indikasi ini pernah dipublikasikan di AS dimana dalam 5 perceraian yang terjadi, satu di antaranya diakibatkan oleh Facebook.

2. Status yang anda buat di Facebook dapat dilihat oleh publik, termasuk pasangan anda. Terkadang untuk tujuan tertentu, seseorang mengubah-ubah statusnya. Hal ini bisa saja menyebabkan pasangan anda tidak senang karena mungkin saja ia curiga  dengan tujuan anda mengubah status tersebut. Misalnya anda mengubah status “Married” anda menjadi “Single”. Tentu saja hal ini bisa menimbulkan pertanyaan bagi pasangan anda dan akan menanyakan motivasinya sehingga bisa membuat hubungan anda menjadi kacau.

3. Komentar teman anda terhadap kegiatan, update status atau sesuatu yang anda posting (link) di Facebook bisa saja sangat personal dan bisa membuat pasangan anda menjadi cemburu.

Untuk mengatasi masalah tersebut di atas anda disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Mengurangi kunjungan anda ke Facebook, biasanya anda selama 12 jam di Facebook coba kurangi menjadi 6 atau hanya 2 jam.

2. Komunikasi adalah hal yang sangat penting. Berkomunikasilah lebih intensif dengan pasangan anda terhadap sesuatu masalah yang ditimbulkan oleh keberadaan anda di Facebook.

3. Jika ada sesuatu di profil anda  yang membuat pasangan anda cemburu, perbaiki profil tersebut sampai ia tidak lagi keberatan sehingga anda bisa menghilangkan masalah.

4. Banyak sekali update status teman yang sebenarnya hampir-hampir tidak terlait dengan anda, misalnya tag berupa penjualan barang online serta teman yang  terlalu ofensif  memberikan banyak link atau segala macam penawaran, dan  foto-foto narsis yang berlebihan. Anda bisa menghindari hal ini dengan melakukan block terhadap teman anda ini agar anda terbebas dari stress berkepanjangan.

5. Edit pengaturan privasi anda agar mantan pacar, mantan suami, atau mantan istri anda tidak bisa seenaknya memposting di wall anda sehingga menimbulkan kecemburuan pasangan anda yang baru.

5. Berhati-hatilah dalam memposting sesuatu di Facebook karena dampaknya tidak langsung anda rasakan, tapi mungkin di masa depan.

*)sumber: http://kompasiana.com/internet/2011/06/04/facebook-kesehatan-kepribadian-hubungan/