Dalam dunia desain grafis, pemilihan jenis huruf (font) menjadi sangat penting selain pemilihan warna dan kombinasinya, tata letak, dan unsur grafis lainnya. Bukan hanya karena sebuah tulisan harus bisa dibaca, tetapi juga berkaitan dengan estetika dalam menuliskan pesan itu sendiri agar sesuai dengan nilai rasa atau tema dari pesan yang disampaikan. Dalam dunia desain grafis, ilmunya disebut Typografi.

Nah, dalam berbagai cara keagaman seperti bulan Ramadhan dan acara lebaran, kartu ucapan lebaran, spanduk, dan berbagai bentuk desain  lainnya pasti juga berisi tulisan. Jenis huruf yang digunakan biasanya mirip-mirip tulisan arab (hijaiyah). Hal ini agar desain backdrop atau spanduk memiliki bentuk tulisan yang sesuai dengan tema Ramadhan. Walaupun sebenarnya tidak ada larangan andai kata  ada yang mau menggunakan huruf ala Buffy atau Harry Potter untuk menuliskan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H seperti di bawah ini:

1314228550595583489Namun sebaiknya jangan sampai pemilihan jenis huruf kita bertabrakan dengan tema desainnya seperti pada tulisan di atas yang menggunakan Charming Font.

Perhatikan tampilan kompas.com berikut ini. Apa yang kurang tepat dengan desain tampila Liputan Khususnya?

13142288461682482119

Coba perhatikan pada jenis tulisan “Bersih Hati, Suci Jiwa” di atas. Menurut saya pemilihan jenis hurufnya kurang tepat. Sepengetahuan saya, jenis huruf tersebut bukan berasosiasi dengan jenis tulisan yang agak mirip-mirip arab, bila memang dimaksudkan untuk mengasosiasikan tulisan arab dengan bulan Ramadhan. Jenis huruf yang digunakan di atas lebih mirip tulisan hindustan atau samarkan. Kemudian saya coba untuk mengubahnya dengan menggunakan pilihan huruf  Alhambra yang lebih mirip arab (tulisan latin yang mirip  tulisan hijaiyah).

131422922888825533

Font Alhambra lebih mirip tulisan arab dibandingkan dengan Hindus dan samarkan. Jadi saya lebih menyarankan menggunakan Font Alhambra untuk membuat tulisan yang mirip arab. Namun memang tidak semua huruf, angka, dan simbol bisa benar-benar mirip dan bisa terbaca dengan baik. Oleh karena itu, penggunaan font harus memperhatikan juga kenyamanan penulisan dan pembacaan secara keseluruhan.

1314229475557522310Dari 6 jenis huruf di atas, Anda dapat membandingkan mana yang paling tepat untuk digunakan sebagai pilihan jenis huruf yang sesuai dengan tema Ramadhan dan Idul Fitri. Bila Anda membutuhkan jenis huruf yang mirip-mirip arab yang gratis, silahkan download langsung aja dari dafont.com.

Semoga bermanfaat…

*)sumber: http://muda.kompasiana.com/2011/08/25/siapa-butuh-mirip-mirip-arab

About these ads